Seks Aman

 Aktivitas Seksual Yang Lebih Aman 

Sebagian besar aktivitas seksual membawa risiko penularan HIV. Untuk mengurangi risikonya, buatlah darah dan cairan seksual sulit memasuki tubuh anda.
 
Waspadalah terhadap tubuh anda dan pasangan anda. Goresan, luka, atau gusi yang berdarah meningkatkan risiko penyebaran HIV. Demikian juga dengan aktivitas fisik yang kasar. Bahkan luka kecil pun memberikan jalan HIV unutk masuk ke dalam tubuh.
 
Gunakanlah pembatas untuk mencegah kontak dengan darah atau cairan seksual. Ingat bahwa pembatas alami tubuh adalah kulit. Kalau anda tidak punya goresan atau luka, kulit anda akan melindungi anda dari infeksi. Akan tetapi, dalam beberapa kasus yang jarang terjadi, HIV dapat masuk ke dalam tubuh melalui kelenjar lendir yang sehat. Risiko infeksi jauh lebih tinggi jika kelenjar rusak. Pembatas buatan yang paling umum adalah kondom untuk pria.
 
Cairan pelumas dapat meningkatkan stimulasi seksual. Pelumas ini juga mengurangi sobeknya kondom atau pembatas lain. Pelumas dari minyak seperti vaselin, minyak pelumas, atau krim dapat merusak kondom dan pembatas karet lain. Yakinkan bahwa anda menggunakan pelumas dari bahan dasar air.
 
Seks oral memiliki risiko penularan HIV, terutama jika cairan seksual masuk ke dalam mulut dan jika ada gusi yang berdarah atau  luka di dalam mulut. Lembaran karet atau plastik yang menutupi vagina atau kondom yang menutupi penis dapat digunakan sebagai pembatas selama hubungan seks oral. Kondom tanpa pelumas adalah yang terbaik untuk seks oral. Sebagian besar pelumas rasanya tidak enak.


 
Aktivitas Seksual yang Aman

Aktivitas seksual yang aman tidak memiliki risiko penyebaran HIV. Berpantang (tidak melakukan hubungan seks) sama sekali adalah aman. Seks dengan satu pasangan aman selama kalian berdua tidak ada yang terinfeksi dan tidak ada yang berhubungan seks atau memakai jarum bersama orang lain sebelumnya.
 
Fantasi, masturbasi, kerja tangan (dimana cairan anda hanya mengenai anda), obrolan seks, dan pijat non-seksual juga aman. Kegiatan-kegiatan ini tenghindar dari kontak dengan darah atau cairan seks, sehingga tidak ada risiko penularan HIV.
 
 

Bagaimana jika kedua orang sudah terinfeksi HIV?

Beberapa orang yang terinfksi HIV tidak memandang perlunya mengikuti petunjuk seks aman ketika mereka berhubungan seks dengan orang-orang yang terinfeksi. Akan tetapi, masih masuk akal untuk “berperilaku aman.” Kalau tidak, anda dapat terkena infeksi menular seksual (STD) lain seperti herpes dan sipilis. Jika anda telah terkena HIV, penyakit-penyakit ini dapat menjadi lebih parah.
 
Juga, anda mungkin dapat “terinfeksi kembali”oleh jenis HIV yang lain. Versi baru HIV ini mungkin tidak terkontrol oleh obat yang anda minum. Jenis HIV ini mungkin juga resisten terhadap obat-obatan antiretroviral yang lain. Tidak ada cara untuk mengetahui seberapa besar risiko dua orang yang HIV positif melakukan hubungan seks tidak aman. Mengikuti petunjuk seks lebih aman mengurangi risikonya.

 
 
Ketahui Apa Yang Anda Lakukan

Minum alkohol atau obat-obatan sebelum dan selama hubungan seks meningkatkan kesempatan anda untuk tidak mengikuti petunjuk seks lebih aman. Sangat berhati-hatilah jika anda minum alkohol atau obat-obatan lain.
 
 
 
Tentukan Batas Anda

Putuskan seberapa besar risiko yang dapat anda ambil. Pahami seberapa besar perlindungan yang ingin anda lakukan selama aktivita seksual yang berbeda-beda. Sebelum melakukan hubungan seks, pikirkan tentang seks yang lebih aman, tentukan batasan-batasan, sediakan pelumas dan kondom atau pembatas lain, dan yakinkan bahwa barang-barang tersebut mudah didapatkan ketika anda memerlukannya. Bicaralah dengan pasangan anda supaya mereka tahu batasan-batasan anda. Patuhi batasan-batasan anda. Jangan biarkan alkohol atau obat-obatan atau pasangan yang menarik membuat anda lupa melindungi diri anda.


 
Garis Bawah

Infeksi HIV dapat terjadi selama aktivitas seksual. Seks aman hanya jika tidak ada HIV, tidak ada darah atau cairan seksual, atau tidak ada jalan bagi HIV untuk masuk ke dalam tubuh.
 
Teman-teman dapat mengurangi risiko infeksi jika menghindari aktivitas tidak aman atau jika menggunakan pembatas seperti kondom. Putuskan batas-batas anda dan patuhi batas-batas tersebut.
 
INGAT: Diagnosis dan pengobatan dini penting untuk pemeliharaan kesehatan. Kontrollah kesehatan dan hidup anda. Lakuakn Tes HIV hari ini di klinik-klinik berikut. 


 Jika anda mempunyai pertanyaan lain atau keingintahuan akan HIV/AIDS, silakan hubungi info@temanteman.org