PKBI DIY




Dra. Kusminari , Mph., Manajer Klinik Adhiwarga PKBI Yogyakarta menjelaskan tentang Klinik Adhiwarga. Klinik Adhiwarga adalah klinik kesehatan reproduksi yang melayani pasangan dan remaja dengan berbagai pelayanan seperti konsultasi dan pelayanan-pelayanan medis yang diberikan kepada masyarakat yang memerlukan layanan reproduksi. Di samping itu, Klinik Adhiwarga juga mengadakan pelayanan klinik remaja dan mitra strategis atau dampingan. Ada Klinik Buruh Gendong di pasar Bringharjo, khususnya untuk bu-ibu yang membutuhkan pelayanan medis di pasar Bringharjo, dan Klinik Keliling atau Mobile Clinic di kantor di cabang PKBI Yogyakarta. Selain itu ada juga pelayanan panggilan untuk kegiatan keliling, dan Klinik Griya Lentera, klinik IMS dan VCT, untuk pelayanan konseling HIV/AIDS melalui konseling, pemeriksaan, pengambilan darah dan pengambilan hasil. Klinik ini bisa diakses siapa saja dan buka pada hari buka selasa dan Jumat.


PKBI didirikan pada tanggal 23 Desember 1957 di Jakarta, sebegai Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). Perkumulan ini berdiri dilandasi kepedulian terhadap keselamat ibu dan anak.
 
Maret 1982 klinik Adhiwarga Daerah Istimewa Yogyakarta telah dirintis dengan layanan KB dan kegiatan untuk memotivasi masyarakat dengan penyuluhan-penyuluhan (ceramah). Klinik Adhiwarga berstatus “Praktek Berkelompok Dokter Specialis “ dengan ijin Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta. 
 
Pada tahun 2005, Klinik Adhiwarga memperoleh sertifikasi standard layanan Quality of Care (QOC) yang diberikan oleh IPPF ( The International Parenthood Federation).
 
Klinik Adhiwarga sebegai klinik kesehetan reproduksi, seksual untuk pasangan, remaja dan perempuan. Serta klinik rujukan pelayanan kegagalan kontrasepsi.
 
Pelayanan
 
1. Konseling Kesehetan Reproduksi
2. Konseling IMS (Infeksi Menular Seksual) dan HIV/AIDS
3. Pemasangan dan pelepasan alat kontrasepsi
4. Papsmear
5. IVA (Infeksi Visual Asam asetat)
6. USG
7. Pemulihan Haid
8. Pemeriksaan Umum
 
 
Jam Layanan 
 
Senin s/d Sabtu,
Jam 08:00 – 15:00 WIB
Hari minggu dan hari besar Libur
 
Unit Kerja Klinik
 
1. Klinik Kesehetan Reproduksi Remaja
2. Klinik IMS “Griya Lentera”
3. VCT (Voluntary Counseling And Testing)
 
Tim Klinik Adhiwarga
 
Dokter spesialis (Obgyn) : 1 org
Dokter umum: 5 org
Perawat: 4 org
Bidan: 1 org
Konselor : 7 org
Analis laboratorium: 2 org
Administrasi Klinik: 3 org
 
 
PKBI DIY dilengkapi dengan Laboratorium untuk IMS dan HIV
 
1. Pemeriksaan dan pengobatan di PKBI Cabang se DIY yang dilakukan sebulan sekali.
2. Pemeriksaan dan pengobatan untuk buruh gendong perempuan di Pasar Beringharjo setiap minggu Pon.
Klinik Adhiwarga PKBI DIY mempunyai rubric Tanya jawab di Media Massa “Kedaulatan Rakyat” hadir setiap Minggu “Klinik PKBI”
 
PKBI berjuang untuk ksehetan dan hak reproduksi yang berkesetaraan gender. 


 

 

PKBI DIY, Jl. Tentara Rakyat Mataram JT I/705 Yogyakarta, 55231
Phone/Fax: +62 274 586767/+62 274 513566


E-mail: office@pkbi-diy.info 


Web: www.pkbi-diy.info